Jika sekarang ini anda sedang ingin membangun rumah, merenovasi rumah ataupun hanya membutuhkan desain rumah dan memerlukan ide dari konsep , pilhan yang sangat tepat telah berkunjung di Arcadia Design Architect. Sebagai penyedia inspirasi Desain Arsitektur Rumah, Desain Rumah minimalis modern, maupun Desain Interior rumah mewah, kami sediakan gambar rumah lengkap dengan ukurannya.

Kami memiliki kumpulan contoh inspirasi desain rumah terbaru serta menarik untuk digunakan dalam remodeling rumah impian anda. Pada Cara Menata Hiasan Dinding Di Ruangan Sempit dengan Pemilihan Warna dan Corak Tepat, setidaknya dapat memberikan gambaran terbaik dalam desain rumah yang anda harapkan saat ini.

Cara menata hiasan dinding di ruangan sempit tentu tidak sesederhana dengan mencari hiasan serta menempelkannya ke dinding. Pemilik hunian perlu memiliki pengetahuan tentang warna dan dimensi sehingga membuat ruangan tampak lebih besar aslinya. Jika salah pilih, maka pemilik hunian akan merasa ruang kecil mereka semakin sempit.

Bagaimana Cara Menata Hiasan Dinding Di Ruangan Sempit

Menata hiasan dinding memang tidak semudah yang diperkirakan. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memilih warna yang memiliki ‘dampak’. Warna kontras akan sangat menarik. Misalnya pemilik hunian mengaplikasikan dinding putih polos, maka mereka dapat memberikan hiasan dinding dengan aksen warna cerah.

Menata Hiasan Dinding
Menata Hiasan Dinding

Namun perlu diingat bahwa warna cerah untuk memberikan kesan lebih luas adalah warna seperti ungu, biru dan hijau. Nantinya, warna ini akan memberikan kesan sejuk serta luas dibandingkan dengan warna oranye atau merah. Merah atau oranye memang cocok untuk ruangan luas karena warna ini ‘menyerap’ dinding dimana hasilnya adalah ruangan yang tampak lebih kecil.

Warna ungu yang pekat justru membuat dimensi ruangan terlihat besar di kamar tidur kecil. tambahan warna serupa akan membuat kamar lebih terasa teduh, tanpa terlihat gelap dan suram. Namun bukan berarti warna hangat seperti merah tidak lagi berfungsi ‘baik’ dalam memberikan kesan luas dalam ruangan kecil.

Gunakan warna cerah seperti merah dan oranye pada ruangan berbentuk persegi panjang yang relatif sempit, maka tercipta kesan seimbang. Namun, warna seperti merah dan oranye pada ruangan berbentuk bujur sangkar akan membuat dinding terlihat lebih ‘maju’ sehingga kamar terkesan sempit. Warna semacam ini dapat diaplikasikan dengan porsi kecil sehingga membuat kamar terlihat luas.

Lihat  Desain Rumah Adat Jambi

Tekstur dan Pola Dapat Membuat Ruangan Terlihat Luas

Pemilik hunian tidak dibatasi hanya dengan menggunakan satu warna cat dalam memberikan aksen dinding untuk kamar dengan kesan luas. Banyak desainer menyarankan ide inovatif untuk memanfaatkan pola secara efektif dalam mencapai efek estetika maksimal. Intinya adalah tetap berpegang pada tips warna yang telah disebutkan di atas.

Tekstur dan Pola Menata Hiasan Dinding
Tekstur dan Pola Menata Hiasan Dinding

Desain geometris dengan warna kontras akan memberikan tampilan dinding lebih lebar. Namun, gabungan tekstur geometris juga sangat disarankan apabila warna-warnanya tidak saling bertabrakan. Wallpaper kini menjadi pilihan terbaik para pemilik hunian yang tidak ingin repot sekaligus menghindari kesalahan dalam pemilihan tekstur atau pola.

Memilih Penempatan Aksen Pada Dinding

Tidak semua aksen atau hiasan dinding dapat ditaruh di sisi dinding manapun. Pilih satu bidang dinding dengan banyak aksen warna atau hiasan dan biarkan bidang lain ‘sepi’. Rahasianya adalah menghindari aksen pada dinding yang berdekatan dengan jendela atau pintu karena aksen terlihat menarik dan dinamis saat tidak ada kerangka di sekitarnya.

Satu poin penting lainnya adalah memberikan hiasan pada titik fokus ruangan. Tentu jika ruangan tersebut adalah kamar tidur, maka pilih dinding di belakang tempat tidur. Pemilik ruangan bebas memberi hiasan dengan campuran warna apapun di bagian ini.

Kesimpulan

Pertimbangkan memilih hiasan warna lebih gelap dari warna dinding. Jika dinding berwarna biru muda, misalnya, dinding beraksen biru lebih gelap akan membuat ruangan terlihat lebih besar. Cara menata hiasan dinding di ruangan sempit seperti ini akan memberikan kesan desain kohesif. Sesuaikan pilihan hiasan dinding dengan detail dekorasi. Semisal karpet berwarna putih dengan detail kuning, maka warna kuning dapat menjadi warna utama hiasan atau aksen dinding.

Lihat  Desain Interior Rumah Betawi

Cara Menata Hiasan Dinding Di Ruangan Sempit dengan Pemilihan Warna dan Corak Tepat merupakan ide desain rumah yang dirancang serta di kerjakan dengan hati - hati untuk menciptakan rumah idaman keluarga. Dengan ide dan inspirasi model yang memiliki resolusi 800x690, di harapkan dapat terlihat jelas dan sangat baik untuk memenuhi desain rumah yang sedang anda ingin ciptakan saat ini. Jadi tunggu apa lagi? segera dari sekarang persiapkan budget yang ingin anda gunakan untuk menciptakan impian anda serta dapatkan Ide Desain Rumah, Desain Arsitektur Interior dan Konstruksi Terbaik Rumah Idaman.

Tags :

DISCLAIMER: This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Dapatkan inspirasi terbaik desain Desain Interior untuk menciptakan model rumah impian anda. Berikut beberapa contoh terbaik di antaranya. Terima kasih telah berkunjung ke galeri Arcadia Desain pada Dekorasi Kamar Perempuan. Kami berharap, galeri Dekorasi Kamar Perempuan dapat memenuhi kebutuhan anda akan inspirasi, desain maupun dekorasi untuk rumah Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ide Mendesain […]